Minggu, 14 Maret 2010

Install Windows XP melalui USB Flashdisk


Memiliki netbook yang mungil dan canggih mungkin jadi salah satu impian kita. Selain gampang dibawa kemana – mana, juga tidak memakan tempat yang banyak di tas kita, dan enteng pula.
Namun, jadi satu kendala saat kita menemukan masalah pada system operasi-nya yang akhirnya harus kita format / install ulang netbook tersebut. Klo kita meng-install OS (dalam hal ini akan kita bahas Windows) melalui Optical Drive (CD/DVD Rom) mungkin sudah biasa, tetapi permasalahannya, pada netbook yang kita maksud tidak dilengkapi optical drive internal, dan tidak ada optical drive yang external pula. Lantas, Kita akan install melalui apa ???

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan kita meng-install windows melalui flashdisk. Jika installasi dilakukan melalui CD/DVD Rom, mungkin orang sudah terbiasa melakukannya, namun jika installasi dilakukan melalui flashdisk, mungkin belum tentu semua orang biasa melakukannya.
Makanya, saya akan berbagi sedikit tips, yang mudah2an dapat bermanfaat buat kita semua, yaitu : cara melakukan install windows xp melalui flashdisk.
Pertama – tama, kita siapkan bahan – bahan yang nantinya akan kita butuhkan, antara lain :
  • Sebuah komputer yang dilengkapi optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang dapat bekerja dengan baik.
  • Sebuah USB flash disk berkapasitas 1 atau 2 GB.
  • CD instalasi Windows XP.
  • Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB) dapat di download disini.
Langkah – langkah nya sebagai berikut :
  1. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
  2. Saat kalian berada di posisi normal (desktop), masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.
  3. Ekstrak aplikasi yang gw kasi. Saran gw, ekstrak seluruh isinya ke sebuah folder, semisal C:\USB.
  4. Selanjutnya, buka folder di mana kalian mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi, kali ini kita ambil contoh C:\USB.
  5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
  6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta kalian memformat USB flash disk kalian. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan kalian.
  7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika kalian menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
  8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan kalian jika kalian telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
  9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana kalian mencolok flash disk. Kalau flash disk kalian berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
  10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.
Selesai! Kini flash disk kalian telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP. Jangan lupa untuk melakukan setting pada BIOS yaitu booting lewat usb.
SELAMAT MENCOBA … !!!
Cara ini sudah sering saya coba, dan Alhamdulillah berhasil tanpa ada kendala.

1 komentar:

  1. om knp saya coba di laptop zyrex kaga bisa kebaca yah file install XP nya??? mohon pencerahan nya...

    BalasHapus

Copyright © 2010 Andhini's Blog | Design : 3_@nantho